http://cursors3.totallyfreecursors.com/thumbnails/dragon3.gif

Jumat, 15 November 2013

Belajar Ice Stacking

ICE STACKING TECHNIQUE & Ice Stacking (tips)

Beberapa orang selalu bertanya-tanya, ada yang bilang sudah "pro ice stacking" tapi tidak tahu detail skill itu seperti apa. Pemikiran yang salah apabila ice stacking hanya bisa dilakukan atau disupport oleh kelas Elemental Lord ( EL ), kelas Tinker ( cebol ) bisa juga namun dengan sedikit keberuntungan dan kesulitan yang tinggi.
   Definisi ice stacking itu sendiri adalah teknik yang digunakan player ataupun team untuk mendapatkan benefit bonus attack dari beku dan memperpanjang durasi beku hingga maksimal. Sebelum membahas skill-skillnya anda harus mempelajari terlebih dahulu mengenai Ice Resist.



ICE RESIST
     Setiap char dalam keadaan normal memiliki ice resist 0 ( nol/zero ). Kegunaan ice resist bisa kita lihat dari info berikut :
  1. Sering kita lihat, Paladin yang memiliki skill benar dan good sebagai single tanker SDN rata-rata memiliki ice resist 50%++, katakanlah ada paladin nicknya Sukro. Sukro ini memiliki ice resist 70% dari equip dan ele aura. Saya berani katakan bahwa paladin ini adalah momok menakutkan bagi cryo/elestra/ice witch di pvp ladder atau compe off. Artinya bila Sukro terkena beku blizzard storm di pvp yang membekukan 5 detik, apabila Sukro diam saja dia hanya akan beku selama 1,5 detik. Mungkin 1 detik apabila bermain A-D ( 5 detik - 70% = 1,5 detik ). Juga berlaku dengan slow dari ice, apabila dia terkena slow dari Shatter katakanlah 30% slow selama 6 detik. Dia hanya akan slow selama 1,8 detik ( 6 detik - 70% = 1,8 detik ). Lalu Sukro terkena skill damage dari Freezing Field, biasanya paladin normal terkena damage ini sekitar 10k. Namun Sukro lain, damage yang diterimanya hanya sebesar 3k ( 10k - 70% = 3k ). Jadi, ice resist bernilai positif mengurangi durasi beku, durasi slow, dan damage dari skill ice/ air.
  2. Fire Golem di stage 3 SDN, memiliki ice resist -45%. Anda mungkin bisa bereksperimen dengan mencoba membekukannya sendirian. Glacial Freeze level 7 membekukan selama 6 detik. Jika anda nyalakan timer, si golem sendiri akan beku selama 8,7 detik!! Artinya,Semakin minus ice resist maka semakin lama durasi beku, durasi slow, dan semakin besar damage skill dari ice/ air.
  3. Aturan versi T4 dari Dragon nest menyatakan bahwa dalam PvE maksimal Ice resist adalah 100% dan -100%. Sedang PvP adalah 100% dan-30%.
  4. Ice resist bisa ditumpuk dan durasinya mengikuti skill "terbaru dan tertinggi levelnya".


FROZEN/ BEKU 
      Disini anda juga harus mengetahui aturan main tentang beku. Newbie player perlu memperhatikan hal ini dengan detail sehingga memberikan benefit maksimal terhadap party.
  1. Satu jenis skill beku memberikan bonus damage 50%, dan maksimal bonus dari beku adalah 100%.
  2. Mengulang-ulang satu jenis skill beku tidak akan membuat bonus beku 100%, namun tetap 50%. Misal dalam FF anda terus-terusan cast Glacial Spike hanya akan memperbarui durasi beku dan tidak meningkatkan bonus bekunya. Untuk membuat bekunya 100%, anda perlu melakukan satu skill beku lainnya. Misalnya Glacial spike + glacial freeze, Ice Spear + Glacial Freeze, Glacial spike + Ice Beam.
  3. Tiga skill beku beruntun dan berbeda jenis tidak akan membuatnya bonus 150%, kembali ke aturan no.1 yaitu 100%. Glacial spike+Glacial Freeze+ Blizzard tetap 100%, bahkan bila anda tambahkan ice beam.


SKILL DENGAN MINUS ICE RESIST
Kelas Elemental Lord

Frost Wind/ Icy Gust / Dll ( -30% durasi 3 detik )
Freezing Sword/ Icy Shard ( -10% durasi 1 / 2 / 3 / 4 detik pada lvl 1 / 6/ 12/ 16  )
Freezing Field ( -30% durasi 6 / 8 / 10 detik pada level 1 / 6 / 10  )
Frozen Spike/ Ice Stab ( -30% durasi 3 / 4 / 5 detik pada level 1 / 6 / 11 )
Chilling Mist ( -10% durasi 6 / 7 / 8 detik pada level 1 / 6 / 11 )



SKILL YANG BISA MEMBUAT BEKU


Glacial Spike ( durasi 4 detik, peluang beku 5% dan terus naik 1% per level dari lvl 1 )

Glacial Wave/ Freeze ( pasti beku, durasi 3 detik level 1 dan teruk naik 0.5 detik/ level )

Blizzard Storm / Storm Gust ( 50% peluang beku, durasi 10 detik )

Ice Spear - Elestra/Cryo ( 40% peluang beku durasi 3 detik dan naik 0.5 detik/ level )

Freezing Field Ex - Elestra ( pasti beku bila target di tengah bunga es, durasi  5 detik )

ICE STACKING TECHNIQUE FOR SOLO OR 4 MAN PARTY
  1. Ele yang pintar, pasti level freezing fieldnya minimal sama levelnya dengan semua skill yang minus ice resist. Saleana/ Pyro biasanya smua skill ice resist lvl.1 dan freezing field lvl.1 juga.
  2. Pakai kalkulator!! Icy Shard + Frost Wind + Frozen Spike + Freezing Field akan menghasilkan -100% ice resist.
  3. Setelah nomor 2 selesai dilakukan, cast Glacial Freeze + Glacial Spike = waktu beku target akan double dan target akan 100% damage receive dari beku.
  4. Hal ini bisa dijadikan patokan bagi anda bila menjadi party leader apakah EL di party raid anda kelas newbie ( ucup / ampas ) atau expert. Bila EL di team party anda seperti ini, anda beruntung. Bila tidak, kick atau suruh baca artikel ini.




ICE STACKING TECHNIQUE FOR DRAGON RAID ( THE REAL DEAL )
  
  1. Camkan di kepala, urutan yang benar adalah kurangi ice resist target sampai -100% dahulu, lalu bekukan.
  2. Lihat susunan party, apabila ada cebol... perhitungkan berapa ice resist yang sudah dibantu minuskan oleh mereka. Engineer ( - 45% dari ice pump + biochem ), Physician - 30%, dan Adept - 40%. Kurangnya mencapai -100%, tambah dari skill anda sendiri.
  3. Selalu akhiri ritual minus ice resist dengan skill ice resist durasi paling lama ( tentu saja EL yang pintar akan ambil freezing field level minimum sama dengan skill ice resist yg lain ).
  4. Jangan menggunakan skill beku lebih dari 2 pada 1 target ketika masih beku. Hemat skill beku untuk kemungkinan FF/ SB gagal. Bedanya newbie dan expert adalah newbie tidak punya rencana cadangan, sedang expert punya banyak.

CONTOH KASUS
  1. Minah adalah seorang Pyro, susunan party GDN nya Saint, Barba, Gladiator, Spirit Dancer, Majesty, Pyro ( Minah ),Shooting Star, dan Artilerry.  Lalu dia melihat di party ada cebol engineer. Berarti dia sudah dibantu - 45% ice resist dalam pertempuran. Jadi ketika bertempur, Minahi hanya butuh -55% dari skillnya ( karena -45% sudah dibantu engineer ). Maka Minah cukup melakukan frost wind dan ditutup freezing field ( frost wind -30%+ freez.field -30% = -60% ). Duljoni cukup melakukan Glacial Spike apabila ada bunyi es pecah, lalu glacial freeze lagi apabila ada bunyi es pecah kedua. Duljoni tidak perlu melakukan minus ice resist lagi karena buff minus ice resistnya terus dimaintenance durasi oleh ice pump tower dari si cebol ( kok gue kek anggota MLM cari anggota dari kata-katanya --a ).
  2. Tia ( Ihirr cewe ) adalah seorang Cryo. Susunan ( -nan jangan diilangin ya ) party GDN nya adalah Guardian, Inquisitor, Destro, Lunar knight, Cryo ( Tia ihiirrr~ ), Smasher, Gearmaster, dan Physician. Dari pengalamannya, Gearmaster ( -45% ) dan Physician ( -30% ) total menyumbang -75% ice resist. Jadi agar bisa -100% ice resist Tia harus melakukan -25% sisanya. Jadi ketika Battle si Tia cukup Freezing Field dan melakukan skill beku 2x sesudahnya. Lalu menambah skill beku lainnya ketika terdengar bunyi es pecah. Tia tidak perlu memaintenance durasi ice resistnya karena ada ice pump tower yang terus-terusan memperbarui durasi ice resistnya.
  3. Lanjutan dari kasus no.2, di stage 4 GDN si Gearmaster mati. Maka tia hitung ulang ice resistnya lagi. Dengan dibantu hanya Physician ( -30% ) maka Tia harus melakukan sendiri 70% sisanya. Maka di stage 5 Gayrahan si Tia ritual ice resistnya adalah Frost wind + Frozen Spike + Freezing Field. Namun durasi ice resist tertingginya dari Freezing field yang 8 detik, beruntung ada FF dari mbak Smasher, ketika sudah 7 detik dari freezing field pertamanya keluar, si Tia melakukan Freezing Field lagi agar durasi ice resist -100% nya terus aktif hingga 8 detik kemudian.
  4. Lanjutkan dari kasus 3, ternyata Physiciannya mati di stage 5 ( OMG ). Dengan begitu maka si Tia harus melakukan -100% ice resist sendirian. Dia melakukan frost wind + Icy Shard + Frozen Spike + Freezing Field dahulu ( kasian banget ) baru melakukan skill beku. Agar party tidak terlalu panik, Tia melakukan hal cerdas. Tia mengeluarkan ice spear dan glacial spike dahulu agar teman-temannya tak menunggu lama, lalu melakukan ritual - ice resist. Setelah itu Tia mengeluarkan Glacial Freeze + Glacial Spike. Smart Girl!!



SARAN SAYA UNTUK PYRO TYPE PVE :
    Ambil frost wind, icy shard, freezing field, dan frozen spike level 1 semua. Tidak usah ambil chilling mist. Selalu akhiri dengan frezing field untuk combo minus ice resist. Apabila sedang cooldown, akhiri saja dengan frozen spike. Dual ultimate? menurut saya tidak usah karena anda sudah punya dua skill beku yang artinya anda sudah berkualifikasi untuk membuat bonus beku 100%.

SARAN SAYA UNTUK CRYO TYPE PVE :
    Level Icy Shard tidak boleh melebihi level Freezing Field, apabila melebihi maka anda tidak boleh menggunakan icy shard. Hal itu karena icy shard anda akan meng-over durasi ice resist karena icy shard adalah skill tertinggi levelnya dalam combo ice resist. Sedang durasi -ice resist dari icy shard adalah paling pendek dari smua skill.

SARAN SAYA UNTUK ALL ELE :
      Usahakan party dengan kelas cebol, karena memberi keuntungan bagi anda. Begitu pula dengan party Dragon Raid. Rajin-rajin bereksperimen dan jangan malu bertanya. Penuh rasa ingin tahu adalah tandanya anda memakai potensi pikiran anda secara maksimal

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. SEGA Genesis Classic G-Drive - Tioga Tinted Glasses
    SEGA joico titanium Genesis Classic G-Drive. Product Details. Product Description. Product Description: Product Description. SEGA titanium damascus knives Genesis Classic G-Drive. Product Details. Product Details. Product Description. SEGA Genesis citizen super titanium armor Classic G-Drive. Product Details. Product Description. titanium network surf freely SEGA Genesis grade 5 titanium Classic G-Drive. Product Details.

    BalasHapus